Tuesday, November 15, 2016

Penyebab hairball kucing

     Saat kita kebetulan menemukan muntahan kucing yang tertinggal di sofa atau dilantai tentu menjadi hal yang kurang sedap dipandang serta untuk membersihkannya juga agak merasa jijik, hal yang paling menjadi kekhawatiran adalah bagaimana kondisi mpuskita yang muntah tersebut apakah sehat atau sakit.
       Sebelum kita mengetahui apa sih penyebab hairball kucing, ada baiknya kita coba memahami ciri-ciri kucing yang muntah bulu tersebut sehingga kita tidak lagi terlalu cemas jika pada suatu hari menemui kucing kita dalam keadaan muntah bulu.

Penyebab hairball kucing
Penyebab hairball kucing

Berikut ciri-cirnya :

1. Kurang nafsu makan
Menurunnya nafsu makan pada kucing merupakan ciri awal dari kucing yang akan mengalami muntah gumpalan bulu.
2. Lesu dan kurang bersemangat
Ketika sebelumnya kucing aktif melompat kesana kemari, bermain dan melakukan banyak kegiatan lalu kemudian menjadi lesu dan kurang semangat ini bisa menjadi penanda dia akan muntah bulu, namun penyebab dari kucing lemas dan kurang bersemangat juga bisa dari sebab lain misalnya memang sedang sakit, jadi kita juga perlu waspada apabila ada gejala ini.
3.Muntah atau batuk tanpa ada hairball secara terus menerus

Penyebab hairball kucing
Penyebab hairball kucing

        Penyebab hairball sendiri adalah karena kucing melakukan ritual pembersihan diri dari bulu-bulu yanng mati dengan cara menjilatinya, sehingga bulu tersebut ikut tertelan dalam perut kucing, namun dengan banyaknya bulu yang tertelan maka akan membuatnya menyerupai gumpalan bola bulu yang disebut hairball. Sejatinya bulu yang masuk kedalam perut kucing akan ikut terbawa pada saluran pencernaan kucing dan dibuang sebagai feses(kotoran), namun jika jumlahnya terlampau banyak maka kucing akan memuntahkannya sebagai langkah dia membersihkan lambungnya dari gumpalan bulu.


Penyebab hairball kucing
Penyebab hairball kucing

Apabila mpuskita memuntahkan hairball terlalu sering, ini perlu menjadi perhatian serius catlovers sekalian, 

A.) Berikan makanan kucing khusus anti-hairball
Sebaiknya makanan yang disarankan oleh dokter hewan. Makanan anti-hairball ini tinggi serat,   sehingga meminimalkan terjadinya penggumpalan bulu
B.) Grooming bulu kucing kita setiap hari dengan sisir khusus untuk membuang bulu yang telah lepas atau yang telah rontok sebanyak mungkin. Hal ini sangat penting pada kucing berambut panjang       dan pada saat pergantian musim yang biasanya kucing akan merontokan bulunya.
C.) Pertimbangkan untuk menggunakan pengobatan atau suplemen hairball dan kemudian                 konsultasikan pada dokter hewan.
D.) Awasi kucing kita ketika ia sedang grooming bulunya dengan lidah, siapa tahu kita bisa                 menemukan penyebabnya.
E.) Cobalah bawa si kucing ke dokter hewan untuk segera dirawat.




Kata kunci : : kucing muntah bulu, hairball kucing, mengobati hairball pada kucing, kucing sering muntah bulu, apakah kucing muntah karena bulunya termakan, kenapa kucing muntah bulu, jenis makanan kucing hairball, cara mengatasi kucing yg tdk bisa muntah hairbal, kenapa kucing saya sering menjilat bulu dan muntah.








EmoticonEmoticon