Thursday, August 6, 2015

Tindakan yang dilakukan untuk kucing yang lemas

Tindakan yang dilakukan untuk kucing yang lemas
kucing lemas
Hai sahabat mpuskita dimana pun berada kali ini kita bahas mengenai
Pertolongan pertama tentu menjadi langkah paling awal yang bisa dilakukan ketika kucing kita menunjukan gejala lemas sebelum pergi ke dokter hewan terdekat di kota anda. namun sebelum mengambil tindakan kita seharusnya mengetahui apa penyebab sehingga kucing mengalami kejadian demikian.
1. Mencret / diare
Pada manusia yang mengalami diare tentu kehilangan banyak cairan tubuh yang bisa mengakibatkan lemas, kejadian seperti ini juga berlaku pada kucing, ketika kucing mengalami diare dia kehilangan cairan dan menyebabkan lemas.
2. Suhu badan yang turun drastis
hal ini mengindikasikan kucing mengalami gejala hipotermia. atau kehilangan kontrol tubuh akan pengaturan suhu karena cuaca yang extrem.
3. Muntah
Kucing yang muntah akan membuat dia kekurangan cairan tubuh seperti halnya diare. bahkan lebih parah lagi kucing yang muntah membuat nafsu makan kucing ikut turun atau bisa sampai tidak mau makan sama sekali.
4. Nafsu makan hilang
Ini merupakan sesuatu yang cukup serius, karena dengan nafsu makan yang hilang membuat kucing kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tak ayal ini membuat kondisi kucing drop dan lemas.

5. Cacingan
Tak hanya terjadi pada manusia,kucing juga tidak lepas dengan masalah ini, ketika kucing mengalami cacingan maka sumber nutrisi yang berasal dari makan tidak dapat diserap tubuh secara maksimal karena banyak nutrisi yang justru menjadi santapan dari cacing di dalam tubuhnya.
6. Kutu yang mengganas
Kutu yang tumbuh pada tubuh kucing pada prinsipnya sama dengan apa yang dilakukan kucing, hanya saja cacing menyerap nutrisi berupa sari sari makanan yang diolah tubuh sedangkan kutu menghisap darah kucing yang tentu saja efeknya sama dengan cacing, untuk serangan kutu ini pengaruhnya akan terasa untuk kucing yang masih rentan yaitu umur dibawah 3 bulan.
perlengkapan yang harus disiapkan meliputi :
a. peralatan yang dibutuhkan :
- sendok ukuran kecil
- tissue atau kain
- mangkuk
- handuk
- bohlam(bola lampu)
b. makanan dan minuman yang dibutuhkan :
- gula merah
- kuning telur
- bubur beras merah instan
- dryfood
pertolongan pertama yang dapat dilakukan diantaranya
1. berilah kucing minum gula merah, untuk menyegarkan tubuh kucing caranya dengan membuat larutan gula yang kemudian dicekokin ke kucing menggunakan sendok kecil yang tadi kita siapkan, bersihkan lah sisa air gula yang mengenai tubuh kucing.
2. langkah lain yang bisa dilakukan dengan memberikan kuning telur usahakan kuning telurnya matang.
3. untuk opsi lain bisa juga mengencerkan makanan dryfood yang biasa dimakan kucing caranya dengan menghancurkannya dan menyampurnya dimangkuk atau bisa juga bahan yang digunakan adalah bubur merah instan yang mudah didapat di supermaket terdekat, dalam pemasakan nya juga disarankan lebih encer agar saat mencekok lebih mudah.
4. nah ketika tubuh kucing telah terisi oleh makanan dan cairan gula kini saatnya gunakan handuk untuk alas tidur kucing dan bohlam yang kita pasang dikandang untuk memberi kehangatan pada tubuh kucing.
INGAT memang gejala yang dialami kucing hampir sama dengan penyakit yang biasa dialami manusia tapi jangan sekali kali memberikan obat yang dikhusus kan peruntukannya untuk manusia karena tidak semua obat manusia cocok diterapkan pada kucing kita.


EmoticonEmoticon